Apa Saja Kegiatan Saka Kalpataru ?

Salam Pramuka,

Saka Kalpataru adalah salah satu Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup. Saka Kalpataru Kota Probolinggo yang dibentuk atas kerjasama antara Kwartir Daerah Gerakan Pramuka dengan Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo ini menekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. Tujuan akhir Saka Kalpataru adalah membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup.

Dengan Saka Kalpataru ini diharapkan mampu membentuk generasi muda yang ramah lingkungan. Para anggota Saka Kalpataru yang merupakan pramuka golongan Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) akan diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. Tentunya di samping keterampilan dan pengetahuan tentang kepramukaan pada umumnya.

Apa Saja Kegiatan Saka Kalpataru ?

Sebagaimana layaknya Satuan Karya Pramuka lainnya, para anggota akan dikelompokkan dalam krida-krida yang mengkhususkan pada materi tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus (SKK) untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan karyaan. Krida dan SKK dalam Saka Kalpataru terdiri atas :

  1. Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dengan tiga SKK yaitu SKK Komposting, SKK Daur Ulang dan SKK Bank Sampah.
  2. Krida Perubahan Iklim dengan tiga SKK yaitu SKK Hemat Air, SKK Hemat Energi Listrik dan SKK Transportasi Hijau.
  3. Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati dengan tiga SKK yaitu SKK Pelestarian Sumber Daya Genetik, SKK Pelestarian Ekosistem dan SKK Jasa Lingkungan.

Nah pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2016 Saka Kalpataru sudah membuktikan keberadaannya ketika melakukan aksi langsung pada kegiatan Pembukaan Pesta Siaga yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Probolinggo di RTHKP Kedopok, meski belum semua anggota Saka Kalpataru yang terlibat, karena bersamaan dengan kegiatan Kemah. Beberapa Aksi yang sudah dilakukan adalah :

  1. Memberikan sosialisasi tentang pemilahan sampah yang merupakan salah satu materi dalam Krida 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) sebagai edukasi lingkungan langsung kepada para Pembina dan peserta Pesta Siaga ;
  2. Memberikan sosialisasi tentang perlunya upaya mewujudkan Probolinggo bebas sampah dengan mengenalkan ”ZERO WASTE EVENT” atau dapat diartikan bahwa setiap event/kegiatan kepramukaan harus berakhir dengan ”0” sampah dengan kata lain semua sampah sudah dikumpulkan sesuai jenisnya dan tidak ada sampah berceceran di lokasi kegiatan.
  3. Mengajak adik-adik Siaga untuk memungut sampah dan menempatkan ke keranjang/bak sampah terpilah yang sudah disediakan. Hal ini juga sejalan dengan program kerja dari kwarcab dengan istilah ”LISA” (Lihat sampah ambil).

Ayo adik-adik Penegak dan Pandega segera gabung dengan Saka Kalpataru, Hidup Praja Muda Kirana……. Hidup Saka Kalpataru, Hidup Kotaku ……Ayo kita wujudkan Kota Probolinggo Bebas Sampah 2020. Salam Pramuka, ………

Oleh: Lina Purwanindya
(Staf Bidang P3KLH)