Motivator Lingkungan, Ajak Masyarakat Mencintai Lingkungan

Motivator lingkungan Kota Probolinggo merupakan salah satu perkumpulan duta yang ada di Kota Probolinggo. Meskipun motivator lingkungan tidak menamai dirinya sebagai duta, anak-anak motivator tak kenal Lelah dalam langkahnya memberikan pengetahuan dan mengajak masyarakat disekitarnya untuk mencintai lingkungan. Motivator yang terdiri dari kurang lebih 8 anggota sudah mulai membuktikan komitmennya sebagai motivator lingkungan, tidaklah berlebihan ada beberapa motivator yang telah menjadi pengisi talkshow dibeberapa radio sekolah maupun komunitas, bahkan yang menggembirakan ialah banyak diantara motivator lingkungan yang sudah ditiru perilaku baiknya pada lingkungan di Kota Probolinggo.

Motivator lingkungan awalnya hanya sebuah perlombaan belaka namun setelah adanya masukan-masukan terkait motivator oleh beberapa pihak, akhirnya motivator resmi menjadi sebuah paguyuban yang nantinya akan memberikan informasi lingkungan kepada masyarakat baik diminta maupun tidak. Tidaklah berlebihan jika dalam beberapa kegiatan SPKP/MPS dalam stand BLH motivator selalu mendapatkan peran sebagai mc atau pembawa acara namun tak hanya itu motivator lingkungan juga memberikan motivasi kepada pengunjung yang datang maupun yang lewat di stand milik BLH. Dukungan masyarakat tentu sangatlah diperlukan sehingga sampai saat ini motivator dapat membaur dengan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020.

Dalam melaksanakan tugas tentang lingkungan motivator selalu mnyelingi dengan candaan dan games menarik bagi penyimak. Games dan candaan yang dibawakan tentu tidak keluar dari tema – tema lingkungan hidup Indonesia dan dunia Karena motivator telah beranji akan terus mengemban amanah sebagai motivator lingkungan baik diminta maupun tidak.

Menyadari jumlah anggota yang minim motivator lingkungan dalam menjalankan tugasnya selalu mengutamakan kerjasama sehingga dalam beberapa kegiatan motivator selalu dapat tampil mesra. Kegembiraan yang diberikan motivator untuk masyarakat Kota Probolinggo tentunya merupakan langkah awal dalam mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan. Sesuai dengan selempang yang dibawa dalam kegiatan – kegiatannya motivator tentu selalu sadar akan bahaya sampah, sehingga dalam beberapa kegiatan yang dihadiri motivator, sampah yang ada selalu dipungut dan dipilah langsung sehingga berdampak baik dengan kebersihan tempat acara.

Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan pun tidak hanya tentang sampah, motivator juga telah membuat satu kegiatan baru dengan judul “menempuh rimba menembus semak merajut persaudaraan untuk mecintai lingkungan”, merupakan sebuah program baru yang belum ada diberbagai daerah sehingga diharapkan nantinya bisa menjangkau masyarakat pedalaman kota probolinggo dan tentunya masyarakat yang tinggal di dekat mata air, bantaran sungai dan pinggir laut.

Bukanlah berlebihan apabila motivator yang sering dijuluki dengan morlink-pro ini sering mendapat perhatian ekstra oleh masyarakat sehingga kerap ditemui warga yang menjadikan narasumber tentang penelitiannya dan artikel majalahnya. Anggota yang berasal dari berbagai sekolah tentunya semakin menguatkan langkah bersama dalam menjaga lingkungan. Paguyuban yang telah berjalan 2 tahun ini sudah bisa menghasilkan beberapa prestasi bahkan anggotanya pun merupakan siswa berprestasi seperti halnya, Juara 3 tingkat nasional, juara 3 lomba kreasi makanan tingkat jawa timur, juara yel-yel tingkat jawa timur, juara 3 story telling se-jawa timur dan bahkan lebih banyak lagi prestasi yang tidak bisa kami sebutkan bahkan diantara beberapa motivator telah menguasai 4 bahasa internasional, menghafal 3-5 juz ayat al-Quran dan juz ayat al-Quran dan 100 hadits.

Merupakan anugerah tuhan yang diberikan kepada motivator sehingga motivator dapat menyebarkan informasi lingkungan yang terdapat didalam beberapa kitab suci dan bahkan motivator telah berkerjasama dengan beberapa ummat beragama sehingga menimbulkan kerjasama dalam hal menjaga lingkungan dan mengajak masyarakat untuk mencintai dan menaga lingkungan diIndonesia.

Oleh: Alif Sakti
(Motivator MAN 2 Kota Probolinggo)