Bangun Kepribadian Anggota Saka, DLH Gelar Pelatihan Dan Pelantikan Saka Kalpataru Tahun 2018

Pelatihan dan Pelantikan Saka Kalpataru dilaksanakan pada 9 Februari 2018, di Aula TPA Kota Probolinggo yang diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari SLTA sederajat se-Kota Probolinggo. Dengan tujuan untuk membentuk kepribadian anggota Saka Kalpataru yang berkarakter dan berperan aktif dalam Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Harapan yang ingin dicapai agar Anggota Saka Kalpataru mampu mengembangkan diri dalam Upaya Perlindungan & Pengelolaan Lingkungan serta menggali potensi untuk berinovasi menciptakan kemandirian dalam berwirausaha di bidang lingkungan hidup sesuai dengan krida 3R, Krida Perubahan Iklim dan Krida Keanekaragaman Hayati.

Bangun Kepribadian Anggota Saka, DLH Gelar Pelatihan Dan Pelantikan Saka Kalpataru Tahun 2018

Sebagai wadah dalam upaya penyaluran minat, pengembangan bakat dan kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan, maka dalam Saka Kalpataru terdapat 3 Krida sebagai wadahnya, yaitu meliputi: Pelatihan Krida 3R Reuse (Guna ulang) yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah yang masih digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain; Reduce (Mengurangi) yaitu mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah, dan Recycle (Mendaur ulang) yaitu mengolah sampah menjadi produk baru, merupakakan paradigma baru dalam pengelolaan sampah yang memandang sampah sebagai sumberdaya yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan antara lain untuk kompos, energi, bahan bangunan maupun sebagai bahan baku industri, sedangkan yang dibuang adalah sampah yang benar-benar sudah tidak dapat dimanfaatkan, karena tidak mempunyai nilai ekonomi. Pengelolaan sampah dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif dari hulu, sejak sebelum dihasilkan dari produk yang berpotensi menjadi sampah, sampai ke hilir yaitu pada fase produk sesudah digunakan sehingga menjadi sampah, yang kemudian dikembalikan secara aman ke media lingkungan. Pelatihan Krida Perubahan Iklim merupakan krida yang dapat menggerakan generasi muda yang tergabung dalam pramuka untuk mengatasi persoalan perubahan iklim yang terjadi di bumi ini, upaya tersebut baik dilakukan melalui adaptasi maupun mitigasi. Adaptasi merupakan cara penyesuaian yang dilakukan secara spontan maupun terencana untuk memberikan reaksi terhadap perubahan iklim. Sementara mitigasi merupakan usaha menekan penyebab perubahan iklim, seperti mengurangi gas rumah kaca dan lainnya agar resiko terjadinya perubahan iklim dapat diminimalisir atau dicegah. Untuk menggerakan Pramuka mengatasi perubahan iklim. Pelatihan Krida Keanekaragaman Hayati merupakan upaya pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman beserta nilai yang terkandung di dalamnya.

Bangun Kepribadian Anggota Saka, DLH Gelar Pelatihan Dan Pelantikan Saka Kalpataru Tahun 2018

Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan Pengurus/Dewan Kerja Saka Kalpataru tahun 2018 Kota Probolinggo. Anggota Dewan Kerja Saka Kalpataru Tahun 2018 terdiri dari 10 orang sebagai berikut:

1. Ketua : INDANA ZULFA
2. Wakil Ketua : MUHAMMAD IQBAL
3. Bendahara : BUDI HERMAWAN
4. Sekretaris : EMILYA CONTESA
5. Koordinator Krida 3R : 1. SYAIFUDIN PERMANA
2. BIMA FEBRI A
6. Koordinator Krida Perubahan Iklim
 
: 1. AIKO AHMAD ADDAKIL
2. INDRA TRIYANTO
7. Koordinator Keanekaragaman Hayati :
 
1. HELMY ACHMAD P
2. EVANGELINE OKTA BERLINA