DLH Gelar Sosialisasi Untuk Menjaring Calon Penerima Kalpataru Tahun 2018

Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru sendiri adalah bahasa Sanskerta yang berarti pohon kehidupan (Kalpavriksha). Kategori Penghargaan Kalpataru memiliki 4 kategori penghargaan, yaitu:

  • Perintis Lingkungan, diberikan kepada warga masyarakat, bukan pegawai negeri dan bukan pula tokoh dari organisasi formal, yang berhasil merintis pengembangan dan melestarikan fungsi lingkungan hidup secara menonjol luar biasa dan merupakan kegiatan baru sama sekali bagi daerah atau kawasan yang bersangkutan.
  • Pengabdi Lingkungan, diberikan kepada petugas lapangan (Penyuluh Lapangan Penghijauan, Penyuluh Lapangan, Petugas Lapangan Kesehatan, Jagawana, Penjaga Pintu Air, dll) dan atau pegawai negeri (termasuk PNS, TNI, Polri, Guru) yang mengabdikan diri dalam usaha pelestarian fungsi lingkungan hidup yang jauh melampaui kewajiban dan tugas pokoknya serta berlangsung cukup lama.
  • Penyelamat Lingkungan, diberikan kepada kelompok masyarakat, baik informal (kelompok masyarakat adat, kelompok tani, kelompok masyarakat desa, komunitas adat, rukun warga, paguyuban, karangtaruna, dll) maupun formal (Kelompok Tani, Lembaga Swadaya Masyarakat, Badan Usaha, Lembaga Penelitian, Lembaga Pendidikan, Koperasi, Asosiasi Profesi, Organisasi Kepemudaan, dll) yang berhasil melakukan upaya-upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup atau pencegahan kerusakan dan pencemaran (penyelamatan) lingkungan hidup.
  • Pembina Lingkungan, diberikan kepada pejabat, pengusaha, peneliti, atau tokoh masyarakat yang berhasil dan punya prakarsa untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan memebri pengaruh untuk membangkitkan kesadaran lingkungan serta peran masyarakat guna melestarikan fungsi lingkungan hidup, dan atau berhasil menemukan teknologi baru yang ramah lingkungan, seperti pejabat, pendidik, budayawan, seniman, wartawan, peneliti, pengusaha, manager, tokoh lembaga swadaya masyakat, tokoh agama, dan lain-lain.

DLH Gelar Sosialisasi Untuk Menjaring Calon Penerima Kalpataru Tahun 2018

Kegiatan Sosialisasi Kalpataru tahun 2017, dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 14 Pebruari tahun 2018, bertempat di Aula DLH Kota Probolinggo jalan Anggrek no.15 Kota Probolinggo, jumlah peserta sosialisasi sebanyak 75 (lima puluh) orang yang terdiri dari Lurah, Camat, Satker terkait dan Mitra DLH, dengan narasumber Bpk. Suheri Patriadi (Ketua Kelompok Tani Penerima Kalpataru Kategori Penyelamat Lingkungan Kota Probolinggo Tahun 2017). Tujuan Sosialisasi ini adalah untuk menjaring informasi tentang perorangan/kelompok yang layak diusulkan untuk memperoleh Penghargaan Kalpataru 2018.