SDN Sukoharjo 2 Menuju Adiwiyata

SDN Sukoharjo 2 Kota Probolinggo yang terletak di Jl. Lumajang yang kebetulan sekolah ini juga berdekatan dengan sekolah yang sudah mempunyai predikat Adiwiyata Kota yakni SDN Sukoharjo 1. Dengan berdekatannya kedua sekolah ini tentunya membawa aura positif bagi SDN Sukoharjo 2 yang baru memulai menjadi usulan calon sekolah yang berpredikat adiwiyata kota tahun 2015.

Hal selaras juga dirasakan oleh kepala sekolah di SDN Sukoharjo 2 yang mengaku mendapatkan aura positif dan semangat untuk menjadi sekolah berpredikat adiwiyata kota di tahun 2015 ini. Greget sekolah ini sudah mulai terlihat dengan seringnya mengadakan rapat sosialisasi bagi warga sekolah yang mencangkup guru, komite, siswa bahkan tukang kebun tentang Adiwiyata dengan mendatangkan narasumber dari Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo.

Sabtu, 10/10/2015 lalu, SDN Sukoharjo 2 mengadakan sosialisasi adiwiyata lengkap dengan penjelasannya mulai komponen I s.d komponen IV. Narasumber yang hadir saat itu adalah kabid Pelestarian, Pengendalian & Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup beserta rekan-rekan dari UPT.Informasi Pendidikan Lingkungan Hidup dan UPT. Pengelolaan Sampah dan Limbah.

Adiwiyata secara garis besar disampaikan oleh Kabid P3KLH, Dwi Agustin Pudji Rahayu mengenai pengertian adiwiyata dan kenapa adiwiyata harus diterapkan di sekolah-sekolah, perubahan iklim dan pemilahan sampah juga disampaikan oleh ibu 2 ( dua ) anak ini kepada audience. Selanjutnya materi disampaikan oleh perwakilan dari UPT.IPLH yang mengupas adiwiyata secara detail dan menyeluruh.Terutama di dokumen administrasi makro XL yang terkadang menjadi kesulitan sekolah juga ikut dibahas dan dikupas saat sosialisasi berlangsung.

Selanjutnya UPT. pengelolaan sampah dan limbah / UPT.PSL memaparkan tentang biopori dan cara kerjanya selain itu juga disosialisasikan tentang pembentukan bank sampah dan sistem kerjanya. Pembentukan bank sampah bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dulu dan menggunakan peralatan yang sederhana pula.

Inti dari mewujudkan sekolah yang berpredikat adiwiyata gregetnya harus sama mulai dari jabatan paling atas di sekolah sampai jabatan paling bawah, komitmen yang menjadi dasar untuk menjadi sekolah adiwiyata.

Sarana prasarana yang ada di SDN Sukoharjo 2 terbilang sudah cukup baik ujar kabid P3KLH tersebut saat ditemui redaksi AKAR disela-sela memberikan materi. Saat masuk di sekolah ini sebenernya sudah terlihat budaya lingkungan saat masuk pintu gerbang utamanya. Sudah banyak pot gantung yang terbuat dari bahan daur ulang dari bekas botol plastic maupun kaleng susu. Selain itu banyak tanaman yang sudah ditanam di sekolah tersebut sehingga terlihat rindang dan indah saat dipandang.