Kiprah Kepala BLH

OLEH : MIRA H. OCVIA

Tujuan dari Pembinaan dan Sosialisasi Lingkungan Hidup bagi ketua RT/RW Kelurahan Pilang dan Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan adalah untuk membangun masyarakat berwawasan lingkungan. Masyarakat yang berwa-wasan lingkungan mempunyai arti aspek kelestarian lingkungan hidup menjadi perhatian utama dan sekaligus pengendali dalam operasionalisasi kegiatan perdagangan, jasa dan investasi

Permasalahan lingkungan yang sering terjadi di Kota Probolinggo adalah tentang pencemaran udara dan air. Pencemaran udara meningkat seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk kita, sebab dengan meningkatanya jumlah penduduk kota akan diikuti dengan peningkatan aktivitas termasuk aktivitas yang menghasilkan emisi. Sedangkan untuk pencemaran air permukaan terjadi karena kebiasaan warga dan beberapa pelaku usaha membuang limbah baik padat maupun cair ke sungai.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo mengungkapkan bahwa masyarakat berwawasan lingkungan itu harus terus dikembangkan dan dipelihara sesuai dengan visi Kota probolinggo ”Probolinggo Kota Jasa Berwawasan Lingkungan Yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan”. dan mengemban salah satu misi ”Mewujudkan Kota Probolinggo sebagai Kota jasa yang ramah lingkungan dengan pembangunan infrastruktur perkotaan yang berkelanjutan”.

Kiprah Kepala BLH

Perlindungan dan pengelo-laan lingkungan hidup harus sama-sama menjadi perhatian banyak khalayak bukan hanya Pemerintah saja tetapi juga pelaku usaha dan masyarakat, Pemerintah dalam hal ini mempunyai fungsi memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat, Pelaku usaha disini mempunyai fungsi sebagai pemberi bantuan/ partisipasi tentang pengelolaan lingkungan hidup melalui CSR sedangkan masyarakat berfungsi sebagai pelaku penggerak terhadap pengelolaan lingkungan hidup.

Pembinaan dan sosialisasi yang bertempat di aula kelurahan pilang tersebut membahas tentang peran RT/RW/Pokmas yakni menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tidak membuang sampah ke sungai dan kebelakang taman, tidak membakar sampah dan harus menjadi agen/pelapor perubahan perilaku masyarakat tentang kebijakan/program-program Pemerintah. Program Pembangunan Daerah di Kota Probolinggo diantarannya: Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan.