DEFINISI

Layanan Pengaduan Publik Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup adalah layanan pengaduan bagi masyarakat yang dapat diakses melalui Saluran Telepon Bebas Pulsa 0800-1-404-115 (On Line 24 Jam) yang dijaga oleh Petugas Piket Pelayanan Publik selama tujuh hari seminggu dengan pembagian tugas dua shift pada hari kerja dan tiga shift pada hari libur, melalui Front Liner Pos Pelayanan Publik yang terdapat pada Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, melalui email blh.kota.probolinggo@gmail.com, melalui website http://blh.probolinggokota.go.id, melalui acara “Laporo Rek” Radio Suara Kota Probolinggo maupun melalui surat yang ditujukan kepada Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Ub. Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Probolinggo.

PERSYARATAN

  1. Pelapor menyampaikan identitas diri.
  2. Pengaduan harus sesuai dengan fakta.

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

  1. Petugas Piket Pelayanan Publik (Front Liner) menerima laporan pengaduan, mencatat nama, alamat, nomor telepon dan jenis pengaduan pada formulir dan pada buku pengaduan kemudian meneruskan laporan pengaduan kepada bidang terkait.
  2. Kepala Bidang/Sub-Bidang/UPT menerima formulir catatan pengaduan kemudian melakukan pengkajian terhadap laporan pengaduan yang masuk untuk dilakukan tindak lanjut.
  3. Kepala Bidang/Sub-Bidang/UPT memerintahkan petugas untuk melakukan konfirmasi ulang laporan pengaduan kepada pengadu dan segera menindaklanjuti pengaduan dengan melaksanakan tindakan perbaikan sesuai dengan tingkat penanganannya (termasuk urgent atau tidak).
  4. Petugas membuat laporan hasil tindaklanjut pengaduan dan menyerahkan laporan tersebut kepada Petugas Penghimpun Data.
  5. Petugas Penghimpun Data membuat Surat laporan Pengaduan (Laporan Bulanan) untuk disahkan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Probolinggo.

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Standar waktu untuk penyelesaian layanan tersebut selambat-lambatnya 2 (dua) hari setelah petugas mengkonfirmasi ulang pengaduan.

BIAYA/TARIF

Pengaduan pelayan publik bidang lingkungan hidup tidak dipungut biaya.

PRODUK PELAYANAN

Jenis pengaduan yang dilayani meliputi pengaduan tentang tumpukan sampah, pohon tumbang dan gangguan kebersihan yang lain.