DEFINISI

Layanan pengambilan sampah yang sudah dipilah dari masyarakat adalah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan berupa pengambilan sampah yang sudah dipilah dari sejak sumber sampah yaitu dari rumah tangga. Sampah adalah semua material tidak terpakai yang merupakan hasil aktivitas manusia.

PERSYARATAN

  1. Sampah-sampah dari rumah tangga yang sudah dipilah dari sejak sumber sampah (sampah organik dan an organik)
  2. Pengambilan sampah dilakukan jika sampah sudah mencapai ≥ 5 sak dan dilakukan pencacatan volume sampah
  3. Pengembalian hasil pengolahan sampah dilakukan pada saat masyarakat melakukan permintaan sampah kembali/ kedua, bila tidak permintaan pengambilan sampah maka tidak ada pengembalian hasil pengolahan sampah berupa kompos sebesar 70 % dengan tujuan untuk kontinuitas
  4. Masyarakat pemilah sampah an organik akan diberikan struk penjualan sampah dan mendapatkan buku tabungan

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR PENGAMBILAN SAMPAH ORGANIK

  1. Petugas Pelayanan Publik UPT. PSL menerima permintaan pengambilan sampah masyarakat pemilah sampah melalui Telepon 0335-426563 atau Call center sampah organik 085 334 166 868
  2. Jika jumlah sampah sudah mencapai ≥ 5 sak petugas melakukan pencatatan pengambilan sampah
  3. Jika jumlah sampah <5 sak maka petugas pelayanan memberikan informasi supaya pemohon pelayanan mengumpulkan sampah minimal 5 sak sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan.
  4. Petugas Pemberdayaan Pokmas Melakukan tindak lanjut permintaan pengambilan sampah kemudian mencatat pada buku rekapitulasi pengambilan sampah organik. (Nama, Alamat Pokmas, Jumlah sampah, Perhitungan hasil pengolahan sampah pokmas dan Pengembalian hasil kompos 70%)
  5. Petugas Pemberdayaan Pokmas Meneruskan sampah hasil pengambilan ke petugas produksi kompos
  6. Petugas Pelayanan Publik UPT PSL mengembalikan hasil produksi kompos menunggu permintaan pengambilan sampah berikutnya dari masyarakat yang bersangkutan, sesuai dengan kesepakatan bahwa pengembalian kompos 70% hasil pengolahan sampah organik dilakukan pada saat pengambilan sampah berikutnya

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR PENGAMBILAN SAMPAH ANORGANIK

  1. Petugas Pelayanan Publik UPT. PSL menerima permintaan pengambilan sampah masyarakat pemilah sampah melalui Telepon 0335-426563 atau Call center sampah anorganik 085 334 166 868
  2. Jika jumlah sampah sudah mencapai ≥ 5 sak petugas melakukan pencatatan pengambilan sampah
  3. Jika jumlah sampah <5 sak maka petugas pelayanan memberikan informasi supaya pemohon pelayanan mengumpulkan sampah minimal 5 sak sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan
  4. Petugas Bank Sampah melakukan tindak lanjut permintaan pengambilan sampah, mengangkut dan menurunkan sampah ke lokasi bank sampah, menimbang sampah an organik sesuai jumlah sampah, mencatat buku rekapitulasi pengambilan sampah an organik dan meneruskan hasil pengambilan sampah an organik untuk dilakukan pemilahan

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

  1. Waktu pemenuhan layanan pengambilan sampah 2 – 3 hari kerja.
  2. Proses pengolahan sampah organik menjadi kompos maksimal 7 minggu

BIAYA/TARIF

Sesuai dengan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Besaran Tarif Retribusi Jasa Umum.

PRODUK PELAYANAN

Produk pelayanan adalah pengambilan sampah yang sudah dipilah dari masyarakat

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

Pengaduan dapat disampaikan melalui :

  1. Front Liner Pelayanan Publik BLH Jl. Anggrek No 15 Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo.
  2. Telepon 0800-1-404115 (Bebas Pulsa).
  3. Telepon 0335-426563.
  4. Website BLH http://blh.probolinggokota.go.id
  5. Email blh.kota.probolinggo@gmail.com