DEFINISI

Layanan Pengambilan Dan Pengujian Kualitas Air adalah pelayanan pengambilan contoh uji air, termasuk di dalamnya air bersih, air sungai dan air limbah industri yang dilakukan oleh petugas pengambil contoh uji UPT Laboratorium Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo sesuai dengan Instruksi Kerja Metode Pengambilan Contoh Uji (IKM-01/LABPROB/002) yang mengacu pada SNI 6989.58:2008 tentang metode pengambilan contoh air tanah, SNI 6989.57:2008 tentang metode pengambilan contoh air permukaan dan SNI 6989.59:2008 tentang metode pengambilan contoh air limbah.

PERSYARATAN

Pelanggan mengajukan permintaan pengambilan contoh uji baik melalui telepon, mengirim surat permohonan ,maupun datang langsung ke UPT.Laboratorium Lingkungan DLH Kota Probolinggo.

SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR

  1. Petugas menerima permintan pengambilan contoh uji .Permintaan tersebut kemudian dicatat dalam buku permintaan pelayanan (FR-05/LABPROB/PR-22).
  2. Petugas Pengambil Contoh Uji kemudian mencatat dalam jadwal pengambilan contoh uji (FR-01/LABPROB/PR-21).
  3. Sehari sebelum pelaksanaan sampling, Petugas Pengambil Contoh Uji akan mempersiapkan kebutuhan sampling yaitu mengisi form rencana pengambilan contoh uji, surat tugas pengambilan contoh uji, tabel cara pengawetan dan penyimpanan contoh uji, botol contoh uji yang sudah berabel, peralatan sampling, larutan pengawet, berita acara pengambilan contoh uji dan verifikasi alat pengujian parameter lapangan.
  4. Petugas Pengambil Contoh Uji kemudian mengambil contoh uji sesuai dengan intruksi kerja pengambilan contoh uji. Setelah contoh uji didapat kemudian diawetkan sesuai tabel cara pengawetan contoh uji dengan memperhatikan jaminan mutu dan pengendalian mutu yang disebutkan dalam intruksi kerja pengambilan contoh uji limbah.

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Sertifikat Hasil Uji diterbitkan 14 Hari kerja setelah contoh uji diterima

BIAYA/TARIF

PRODUK PELAYANAN

Berita Acara Pengambilan Contoh Uji dan Sertifikat Hasil Uji.

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

Pengaduan dapat disampaikan melalui :

  1. Front Liner Pelayanan Publik BLH Jl. Anggrek No 15 Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo.
  2. Telepon 0800-1-404115 (Bebas Pulsa).
  3. Telepon 0335-426563.
  4. Website DLH http://blh.probolinggokota.go.id
  5. Email blh.kota.probolinggo@gmail.com