DEFINISI

Pemberian rekomendasi dokumen lingkungan hidup UKL dan UPL adalah pemberian rekomendasi untuk dokumen pengelolaan dan pemantauan terhadap usaha dan/atau kegiatan yang tidak berdampak penting terhadap lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan yang sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

PERSYARATAN

  1. Pemohon membuat surat permohonan izin lingkungan ke BLH.
  2. Pemohon menyerahkan draft dokumen UKL dan UPL ke BLH.

SISTEM, MEKANISME & PROSEDUR

  1. Staf pelayanan menerima permohonan dari pemrakarsa pembuatan Dokumen UKL dan UPL, memberikan formulir pengajuan dokumen UKL dan UPL dan menerima formulir pengajuan dokumen UKL dan UPL yang telah diisi oleh pemrakarsa.
  2. Staf Bidang Tapen menerima draft dokumen UKL dan UPL dari pemrakarsa (industri/bidang usaha) kemudian menyerahkan kepada Tim Pengarah.
  3. Tim Pengarah mempelajari isi dokumen UKL dan UPL, memeriksa secara administratif, jika Draft dokumen UKL dan UPL dari pemrakarsa dinyatakan telah lengkap atau telah memenuhi syarat administrasi maka akan segera ditentukan tanggal sidang Tim Pengarah, jika tidak lengkap, maka akan dikembalikan kepada pemrakarsa untuk dilengkapi.
  4. Tim Penggarah mengadakan rapat presentasi Draft Dokumen UKL dan UPL untuk mendengarkan pemaparan dari pemrakarsa, memberikan tanggapan dan masukan dari serta melakukan revisi untuk penyempurnaan dokumen UKL dan UPL.
  5. Tim Penggarah memberikan putusan apakah draft dokumen UKL dan UPL tersebut bisa diterima atau tidak, jika diterima maka Tim Penggarah akan mengajukan rekomendasi layak lingkungan kepada Kepala Badan, dan jika tidak diterima maka pemrakarsa akan diminta untuk melengkapi lagi dokumen UKL dan UPL.
  6. Kepala Bidang Tata dan Penaatan Lingkungan Hidup membuat surat rekomendasi kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup.
  7. Kepala Badan Lingkungan Hidup mempelajari isi surat rekomendasi, menandatangani dan menyerahkan kembali ke Bidang Tata dan Penaatan Lingkungan Hidup.
  8. Kepala Bidang/Kepala Sub-Bidang menyerahkan surat rekomendasi kepada pemrakarsa.

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

Pemberian Rekomendasi Dokumen Lingkungan Hidup UKL dan UPL kurang dari 14 Hari sejak persetujuan revisi draft dokumen UKL dan UPL.

BIAYA/TARIF

Sesuai dengan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 29 Tahun 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2015.

PRODUK PELAYANAN

Produk pelayanan adalah rekomendasi UKL dan UPL

PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

Pengaduan dapat disampaikan melalui :

  1. Front Liner Pelayanan Publik BLH Jl. Anggrek No 15 Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo.
  2. Telepon 0800-1-404115 (Bebas Pulsa).
  3. Telepon 0335-426563.
  4. Website BLH http://blh.probolinggokota.go.id
  5. Email blh.kota.probolinggo@gmail.com