Lomba Kelurahan BERSERI (Bersih Dan Lestari) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017

Kelurahan BERSERI (Bersih dan Lestari) merupakan salah satu Program Provinsi Jawa Timur menuju Provinsi Hijau (Go Green Province) yang merupakan model pemberdayaan masyarakat dan aparatur Desa/Kelurahan agar mau dan mampu menumbuh kembangkan potensi desa/ kelurahan sehingga semua lapisan masyarakat berprilaku dan berbudaya ramah lingkungan untuk mewujudkan desa/ kelurahan yang bersih dan lestari yang diluncurkan sejak tahun 2012.

Strategi yang diterapkan dalam Program BERSERI meliputi Strategi Bersih yaitu menumbuhkan budaya bersih pada masyarakat untuk mencintai lingkungan, Strategi lestari yaitu dengan meningkatkan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup dan perilaku sehat serta Strategis Ekonomi Hijau yaitu dengan menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup untuk generasi kini dan yang akan datang melaluai pola dan aktifitas kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan.

Kota Probolinggo merupakan salah satu Kota di Jawa Timur yang mengikuti lomba Kelurahan BERSERI sejak tahun 2011 dan terus berlanjut sampai sekarang. Kelurahan yang pertama kali mewakili Kota Probolinggo dalam Lomba Kelurahan BERSERI (Bersih dan Lestari) yaitu Kel. Sumbertaman Kec. Wonoasih dengan Kategori Madya. Kemudian pada Tahun 2012 Kelurahan Sumbertaman naik peringkat menjadi Kelurahan Sumbertaman kategori Mandiri (Se Jawa Timur hanya 9 Kel/Desa), sampai pada tahun 2017 jumlah Kelurahan BERSERI yang Kategori Mandiri ada 3 Kelurahan yaitu Kel. Sumbertaman Kec. Wonoasih, Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan dan Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan.

Untuk pelaksanaan Evaluasi Penilaian Lapangan Kelurahan BERSERI (Bersih dan Lestari) di Kota Probolinggo pada tahun 2017 pada hari Selasa s/d Kamis tanggal 18, 19 dan 20 April 2017. Tim Penilai Kelurahan BERSERI terdiri dari Ibu DR. Winarsih dari UNESA Surabaya (LSM), Ibu Hening Probowati, Ibu Tita dan Bapak Khardian dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Kelurahan di Kota Probolinggo yang mengikuti Lomba Kelurahan BERSERI Tingkat Provinsi Jawa Timur adalah sebanyak 7 (tujuh) Kelurahan dan yang paling banyak terdiri dari :
1. Kelurahan Jrebeng Wetan, Kelurahan Kareng Lor dan Kelurahan Wiroborang menuju Kelurahan BERSERI kategori Pratama
2. Kelurahan Mangunharjo dan Kelurahan Kebonsari Wetan menuju Kelurahan BERSERI kategori Madya
3. Kelurahan Ketapang dan Kelurahan Kanigaran menuju Kelurahan BERSERI kategori Mandiri

Berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur untuk Kategori/Tingkatan Lomba Kelurahan BERSERI (Bersih dan Lestari) terdiri dari 4 Kategori/Tingkatan yaitu :
A. Kategori Rintisan yaitu pengelolaan lingkungan minimal 1 RW
B. Kategori Pratama yaitu pengelolaan lingkungan minimal 2 RW
C. Kategori Madya yaitu pengelolaan lingkungan minimal 3 RW
D. Kategori Mandiri yaitu pengelolaan lingkungan minimal 4 RW

Pada kategori/tingkatan Mandiri ini diharapkan peran, partisipasi masyarakat, ketua RT/RW dan tokoh agama, tokoh masyarakatdan masyarakat secara bersinergi melakukan pengelolaan lingkungan meliputi Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Pengelolaan Persampahan serta terbentuknya bank-bank sampah baru di masing-masing RT/RW yang ada di Kelurahan tersebut secara berkelanjutan.

Pengumuman bagi pemenang dalam lomba Kelurahan BERSERI ini diperkirakan pada bulan Juni tahun 2017 dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se dunia di Provinsi Jawa Timur

Lomba Kelurahan BERSERI (Bersih Dan Lestari) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017

Lomba Kelurahan BERSERI (Bersih Dan Lestari) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017