DIK SUN (Detektif Kecil Sungai) merupakan kegiatan pelatihan pemantauan kualitas air dan habitat lingkungan sekitar bagi siswa sekolah untuk mendapatkan data kesehatan lingkungan sungai dan sebagai sarana belajar siswa dalam melakukan kegiatan penelitian bersama di lingkungan sekitarnya.

TUJUAN dari kegiatan yang menjadi program UPT Laboratorium Lingkungan ini adalah untuk melahirkan generasi-generasi muda yang peduli pada lingkungan, utamanya kebersihan sungai. Melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir detektif kecil yang dapat mendeteksi tingkat pencemaran sungai melalui metode Bioassesment sederhana. Detektif kecil ini nantinya diharapkan akan bisa membantu dalam hal mengetahui terjadinya pencemaran lingkungan (khususnya air) sedari awal, sehingga bisa lebih cepat diantisipasi.

PESERTA DIK SUN dari masing-masing sekolah berjumlah 25 siswa, dimana pada saat pelaksanaan kegiatan sosialisasi bioassesment (kegiatan pelatihan pemantauan kualitas air dan habitat lingkungan) di tingkat sekolah dasar ini juga turut dilibatkan pihak wali murid melalui komite sekolah dan juga ketrlibatan guru-guru yang semuanya didorong untuk ikut berperan aktif. Hal ini bertujuan agar metode bioassesment sederhana ini nantinya juga bisa dipahami dan dilaksanakan oleh setiap lapisan masyarakat.