Perbaiki Penyusunan Non Fisik Adipura, Studi Banding Ke DLH Kabupaten Lumajang

Dalam rangka untuk mempertahankan Penghar-gaan Adipura pada tahun 2018, Pemerintah Kota Probolinggo melaui Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan Study Banding ke- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang. Kegiatan mempunyai tujuan antara lain: Untuk menambah wawasan dan Pengetahuan dalam upaya-upaya menunjang perolehan Penghargaan Adipura dan untuk mengadopsi inovasi-inovasi terkait pengelolaan lingkungan. Peserta Study Banding sebanyak 11 (sebelas) orang dari Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kemitraan Lingkungan Hidup (P2KLH).

Perbaiki Penyusunan Non Fisik Adipura, Studi Banding Ke DLH Kabupaten Lumajang

Kegiatan Study Banding Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo di terima secara langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Bpk. Nurul Huda, Sekretaris DLH, Para Kabid dan Staf di ruang rapat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang. Lokasi yang dikunjungi oleh peserta Study Banding antara lain: TPST 3R, Bank Sampah Induk “ KALPATARU “ dan Taman Pemrosesan Akhir (TPA Lempeni). TPA ini masih baru dengan luas ±12 ha dan sudah bisa dimanfaatkan baik mengenai Gas Methane dan Pengelolaan Air Lindi.

Hasil Kegiatan Study Banding ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang antara lain:

  1. Untuk memperbaiki Penyusunan Dalam Non Fisik Adipura pada tahun 2018.
  2. Kabupaten Lumajang banyak melakukan inovasi-inovasi yang terkait dengan lingkungan dan mempercantik wajah kota.
  3. Melaksanakan berbagai macam lingkungan dan membentuk kesadaran dalam partisipasi masyarakat secara berkelanjutan.

Rencana tindak lanjut dari study banding adalah melakukan koordinasi dengan SKPD terkait dan masyarakat dalam penyusunan Dokumen Non Fisik Adipura Kota Probolinggo tahun 2018, melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan peran serta masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan yang lebih baik dan terintegrasi dan membentuk FGD dalam penyusunan dan pengisian Dokumen Non Fisik Adipura pada tahun 2018.

Perbaiki Penyusunan Non Fisik Adipura, Studi Banding Ke DLH Kabupaten Lumajang