Rangkaian Kegiatan Festival Lingkungan Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2017

A. PENDAHULUAN
Kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang dilimpahkan Tuhan Yang Maha Esa merupakan anugerah kepada umat manusia agar dipergunakan untuk keperluan hidup yang terjaga keberlanjutan dari keseimbangannya. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemanfaatan sumberdaya alam secara bijaksana dan upaya pengelolaan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha. Begitu banyak keperluan hidup manusia yang disajikan oleh Alam seperti air, oksigen, sumber makanan, sumber daya alam, dan lain sebagainya. Namun akhir-akhir ini begitu banyak kerusakan di alam yang mengatasnamakan kebutuhan hidup seperti mengubah area resapan air menjadi komplek pemukiman, membunuh hewan untuk dijual, pembuangan sampah dan limbah di badan air dan tanah. Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun saat ini telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, sehingga perlu dilakukan peningkatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh- sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan.

Tema hari lingkungan “Connecting People to Nature” atau “Menyatu dengan Alam” mengajak untuk kembali berpikir bahwa manusia merupakan bagian dari alam semesta. Kehidupan manusia sangat bergantung pada alam, tentu ini memberikan peluang bagi manusia untuk mencari solusi yang tepat bagaimana menyelaraskan kebutuhan manusia dengan kelestarian lingkungan. Ini merupakan hubungan yang sangat vital, karena manusia membutuhkan ruang untuk hidup seiring bertambahnya jumlah penduduk yang sudah barang tentu juga akan menambah kebutuhan akan sumberdaya. Dengan “Menyatu dengan Alam” diharapkan manusia dapat menghargai keselarasan dengan alam, dan memperlakukan alam secara proporsional, tidak hanya eksploitasi, tetapi juga dalam perspektif perlindungan lingkungan.
Terkait dengan hal tersebut di atas, Pemerintah Kota Probolinggo mengajak seluruh stakeholder untuk melaksanakan langkah konkrit cinta lingkungan melalui Event Festival Lingkungan Tahun 2017. Kegiatan Festival Lingkungan ini dikemas dengan berbagai kegiatan yang edukatif dan fun dengan melibatkan unsur Pemerintah, Dunia Usaha, Masyarakat dan unsur sekolah Adiwiyata serta komunitas peduli lingkungan.

B. RANGKAIAN KEGIATAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SE-DUNIA KOTA PROBOLINGGO TAHUN 2017
I. DASAR PELAKSANAAN
a. Disposisi Ibu Walikota terhadap Nota Dinas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanggal 21 Juni 2017 Nomor : 660/1510/425.116/2017 perihal Rencana Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Kota Probolinggo Tahun 2017;
b. Program Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo Tahun 2017 kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

II. TEMA HARI LINGKUNGAN HIDUP SE- DUNIA TAHUN 2017
Tema Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2017 dengan tema ” Tema hari lingkungan “Connecting People to Nature” atau “Menyatu dengan Alam”, kita diingatkan betapa setiap penduduk di seluruh dunia sangat bergantung pada alam. Dengan tema ini pula kita diharapkan dapat menemukan cara menarik dan menghargai hubungan antara manusia dengan alam. Setiap orang dapat menjawab panggilan untuk ‘berhubungan dengan alam’, mengenali, menikmati keindahan dan kekayaan alam di sekitarnya.

III. MAKSUD DAN TUJUAN
a. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.
b. Upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
c. Memotivasi seluruh stakeholder untuk lebih berperan aktif dalam pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan
d. Merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2017 yang diperingati setiap tanggal 5 Juni ;
e. Sebagai Media komunikasi, Lingkungan, Edukasi dan transformasi pengetahuan dalam pengelolaan lingkungan ;
f. Memberikan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan.
g. Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpikir dan Peduli tentang lingkungan sekaligus sebagai upaya membangkitkan dan menggelorakan semangat sadar dan peduli terhadap pengelolaan serta perlindungan lingkungan hidup.

IV. WAKTU DAN TEMPAT
Pelaksanaan Festival Lingkungan dalam Rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Kota Probolinggo Tahun 2017 dilaksanakan 2 (dua) hari pada :
Hari : KAMIS s/d JUMAT
Tanggal : 20 s/d 21 Juli 2017
Waktu : 08.00 – 16.00 WIB s/d selesai
Tempat : Gedung Islamic Center Jl. Basuki Rahmad Kota Probolinggo

V. PESERTA FESTIVAL LINGKUNGAN
Peserta Festival Lingkungan melibatkan 500 (lima ratus) orang dari seluruh elemen masyarakat, perwakilan perusahaan dan unsur SKPD dan sekolah
• Perwakilan SKPD dan Kecamatan
• FKPD
• Kelurahan Se Kota Probolinggo
• Ketua TP PKK Kota Probolinggo
• Unsur Pelajar tingkat SLTA/SMK dan sederajat
• Unsur Pelajar tingkat SLTP/MTs dan sederajat
• Unsur Pelajar tingkat SD/Mi dan sederajat
• Unsur Pelajar tingkat TK Kota Probolinggo
• Mitra lingkungan (PAPESA, PGS Ceria, IMF, DPB, Abang Becak, Paguyuban Kang dan Yuk, Bank Sampah dll).
• Dunia Usaha.

C. PENUTUPAN DAN PENYERAHAN HADIAH LOMBA FESTIVAL LINGKUNGAN
Penutupan Festival lingkungan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2017, oleh Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo pada sambutannya menekankan pada kelompok masyarakat atau Mitra Peduli Lingkungan dan Sekolah Adiwiyata, pertama kepedulian terhadap lingkungan dan terus mempertahankan agar bumi kita terhindar dari pencemaran lingkungan melindungi satwa yang hampir punah. Kedua secara nyata melakukan pemilahan sampah, memilah sampah, menanam pohon, menghemat energy sumber daya alam.

D. RENCANA TINDAK LANJUT
1. Menyusun dokumen pelaporan peringatan hari Lingkungan Hidup se- Dunia Tahun 2017 Kota Probolinggo mulai kegiatan Festival Lingkungan sebagai bentuk rangkaian kegiatan peringatan hari Lingkungan Hidup se- Dunia Tahun 2017 Kota Probolinggo dan menyampaikan kepada Gubernur Jawa Timur serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
2. Diharapkan kepada para pemenang lomba untuk terus dilibatkan pada setiap aksi lingkungan.
3. Memantapkan koordinasi antar 3 (tiga) pilar yaitu Pemerintah Kota melalui SKPD terkait, masyarakat dan dunia usaha untuk kegiatan lingkungan demi mendukung terwujudnya Kota Probolinggo sebagai Kota Ramah Lingkungan berkelanjutan.
4. Diharapkan kegiatan semacam ini kedepannya untuk terus ditingkatkan dalam rangka mengajak semua masyarakat untuk berperan aktif dalam pengelolaan lingkungannya.
5. Meningkatkan Pemahaman kepada peserta didik atau kelompok masyarakat peduli lingkungan agar lebih peduli terhadap lingkungan guna mengurangi pencemaran lingkungan, dengan cara sosialisasi lingkungan dan Aksi konkrit dalam pengelolaan lingkungan.

E. PENUTUP
Pemerintah Kota Probolinggo terus berupaya untuk mengembangkan berbagai kegiatan inovatif berbasis partisipatif, diharapkan dengan adanya Kegiatan Festival Lingkungan dalam Rangka Peringatan Hari Lingklungan Hidup se-Dunia Tahun 2017, yang di gelar di Kota Probolinggo akan timbul gelora semangat, kepedulian lingkungan dan partisipasi nyata dari seluruh pihak unsur masyarakat, sekolah dan dunia usaha, sehingga lingkungan dapat terkelola dan terjaga kelestariannya untuk mewujudkan Kota Probolinggo sebagai Kota Probolinggo sebagai Kota Ramah Lingkungan berkelanjutan.

Rangkaian Kegiatan Festival Lingkungan Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2017

Rangkaian Kegiatan Festival Lingkungan Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2017