Semangat dan Kepedulian Detektif Kecil Sungai

Mimpi dan cita – cita membangun Indonesia menjadi bangsa yang besar tidak akan bisa terwujud tanpa ada semangat anak bangsa yang peduli terhadap lingkungan . Mempererat tali silaturahhmi anak bangsa dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dengan membangkitkan dan membangun semangat, kepedulian, gotong royong untuk menciptakan generasi muda yang peduli terhadap lingkungan khususnya sungai adalah hal yang sangat penting untuk mengurangi bencana yang sering terjadi di Indonesia.

Sungai adalah tempat-tempat dan wadah-wadah serta jaringan pengaliran air mulai dari mata air sampai muara dengan dibatasi kanan kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh garis sempadan. Dan karena pentingnya peran sungai bagi kehidupan manusia dan ingin menyelamatkan sungai dari pencemaran sungai yang terjadi akhir – akhir ini. Maka UPT. Laboratorium Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo mengukuhkan Detektif Kecil Sungai Memantau Bersama (Diksun Mama) Kota Probolinggo dengan tujuan untuk mengajak generasi muda lebih peduli secara langsung terhadap kebersihan dan pencemaran lingkungan khususnya sungai – sungai di Kota Probolinggo, yang keanggotaannya terdiri dari siswa siswi SD, SMP dan SMA.

Antusias dan Semangat Detektif Kecil Sungai sebagai anak bangsa lebih dibutuhkan peran sertanya untuk menyadarkan masyarakat yang belum peduli dan sadar terhadap lingkungan sungai disekitarnya, untuk mewujudkan sungai yang bersih dan bebas dari pencemaran. Diksun adalah wujud anak bangsa yang masih peduli terhadap pencemaran sungai yang diakibatkan karena kurangnya kesadaran masyarakat dan industri –industri yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan.

UPT Laboratorium Lingkungan akan mendukung menciptakan dan membina detektif kecil sungai menjadi anak bangsa yang cerdas, mandiri, kreatif, inovatif dan semangat sehingga pencemaran air sungai bisa diketahui dan diatasi sejak awal.